Serangga Tomcat | Cara Membasmi dan Mengobati

Bookmark and Share
Akhir-akhir ini, kita dihebohkan dengan satu spesies serangga yang bernama serangga tomcat. Serangga yang dikenal oleh sebagian masyarakat dengan nama semut kanai atau semut kayap ini sebenarnya bukanlah species baru. Namun baru-baru ini, species ini heboh karena serangga ini telah menyerang beberapa penghuni sebuah apartemen elite di Surabaya sehingga mengakibatkan penyakit kulit seperti kulit yang melepuh, panas, serta gatal.


Serangga yang memiliki warna hitam dan merah ini, merupakan jenis serangga yang tidak menyerang manusia, makannya sendirinya berupa serangga seperti wereng, dan habitatnya ada dipersawahan. Namun mengapa serangga tomcat ini bisa “menyerang” apartemen?. Beberapa sumber mengatakan, bahwa kemungkinan areal persawahan sudah masa panen, sehingga serangga-serangga tersebut berpindah tempat. Dan karena serangga-serangga ini menyukai tempat yang terang, maka serangga-serangga tersebut memilih apartemen itu.

Untuk mencegah racun yang dibawa oleh serangga tomcat ini, anda bisa munggunakan beberapa cara mencegah racun serangga tomcat ini :
  1. Tutuplah pintu serta jendela rumah anda, dan lebih baik anda menggunakan kawat anti-nyamuk (kawat parabola) yang banyak dijual ditoko besi pada jendela serta lubang angin.
  2. Cek dinding anda, apabila ada serangga tomcat, segera usir dengan tanpa kontak langsung dengan serangga tersebut.
  3. Bersihkan lingkungan rumah anda dan juga tanaman yang tidak terawat, karena serangga jenis ini, senang tinggal ditempat-tempat seperti itu.
  4. Agar racun serangga ini tidak mengenai kulit anda, janganlah dipencet apabila menemukan serangga ini. Cukup masukkan ke dalam plastik dan buang.
Dan apabila anda merasa anda sudah terkena racun dari serangga tomcat, anda bisa mengilkuti beberapa langkah mengobati virus serangga tomcat berikut ini :
  1. Segera bersihkan dengan air yang mengalir dan juga dengan sabun dan jangan menggunakan odol, minyak kayu putih, balsem, minyak tawon karena itu bukannya menyembukan, namun malah memperparah
  2. Untuk mengobatinya, anda bisa menggunakan salep Hydrocortisone 1 persen, salep Betametasone dan antibiotik Neomycin Sulfat 3 kali sehari, atau dengan salep Acyclovir 5 persen.
  3. Apabila kulit anda memerah dan terasa gatal, jangan digaruk sampai kulit terbuka, karena kalau terbuka dan cairannya menyebar akan menyebar.

Mungkin beberapa tips tersebut, bisa membantu anda untuk mencegah serangga tomcat menyerang anda. Dan anda juga tahu bagaimana mengobatinya saat anda sudah melakukan kontak langsung dengan serangga tersebut. Jangan panik saat menghadapi serangga tersebut, karena serangga tersebut tidak menyerang manunia, racunnya hanya digunakan untuk mempertahankan diri.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Related Post